Alam Nyata

Home » » Kabar Baik Dari Menkes di Tengah Tingginya Angka Perokok

Kabar Baik Dari Menkes di Tengah Tingginya Angka Perokok

Hafizh | 01.01 | 0 komentar
Kabar baik dari Menkes di tengah tingginya angka perokok
Di tengah peluncuran buku 'Global Adult Tobacco Survey (GATS): Indonesia Report 2011' Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi mengakui jumlah perokok aktif Indonesia semakin mengkhawatirkan. Namun, dari survei itu ada kabar baik yang didapatkan.

Berdasarkan survei GATS, angka perokok aktif di Indonesia sebesar 67 persen (pria) dan 2,7 (wanita). Meski demikian, sebanyak 86 persen orang dewasa (di atas 15 tahun) percaya bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit serius.

Menkes sendiri mengaku senang mengetahui kesadaran bahaya merokok dari masyarakat tersebut.

"Saya senang mengetahui 86 persen orang dewasa Indonesia sadar akan bahaya merokok. Artinya dalam benak mereka ada keinginan berhenti dari adiksi rokok," ungkap Menkes yang berusia 72 tahun tersebut.

Survei GATS juga menunjukkan, 4 dari 10 orang dewasa melihat informasi anti-merokok melalui media televisi atau radio. Sementara 8 dari 10 orang dewasa melihat iklan dan promosi atau sponsor rokok di acara olahraga.

Perbandingan antara informasi anti merokok dan promosi atau iklan rokok masih, kata Menkes, sangat jauh. Untuk itu, kata Menkes, data GATS akan membantu Kemenkes dalam menyusun rencana pengendalian konsumsi tembakau dengan tujuan utama melindungi kesehatan masyarakat terutama generasi muda dari bahaya rokok.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang juga turut berkolaborasi dalam GATS, berharap Indonesia bisa menerapkan strategi MPOWER, yaitu; Monitor konsumsi tembakau dan prevensinya, Perlindungan terhadap asap rokok, Optimalkan dukungan untuk berhenti merokok, Waspadakan masyarakat akan bahaya merokok, Eliminasi iklan, promosi dan sponsor rokok, Raih kenaikan cukai untuk tembakau.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2012-2013 | All Right Reserved. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

Teknologi

Random Post

Kehidupan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. H! News - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger